Minggu, 13 Desember 2009

Perangkat Keras

Perangkat Keras adalah salah satu komponen komputer yang sifatnya bisa diraba dan dilihat oleh manusia yang berfungsi untuk menjalankan komputerisasi. Perangkat Keras dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah. Berikut beberapa komponen-komponen Hardware dalam komputer :
1.CPU

Adalah alat yang berfungsi sebagai pemroses data. CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data. Contoh sirkuit : Sound Card, VGA card,dan USB drive.

2.Monitor
Berfungsi menampilkan teks dan gambar yang diproses dalam CPU p
ada layar kaca. Contoh monitor : Monitor Catoda Ray Tube(CRT) dan Monitor Liquid Crystal Display(LCD)

3.Keyboard

Berfungsi untuk memasukkan data maupun perintah dengan menggunakan rangkaian tombol-tombol angka, huruf, dan tombol fungsi lainnya.

4.Mouse
Merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dalam pemroses data atau mengedit data.


5.Printer

Merupakan alat bagian output yang berfungsi untuk menghasilkan cetakan berupa kertas yang sesuai dengan tampilan monitor yang diinginkan pengguna komputer.

6.CD/DVD ROM Drive
Adalah alat tambahan (periferal) yang mampu menyimpan data dan menuliskan data program melalui media CD(Compact Disk). Alat ini didesain mampu untuk menulis atau memasukkan data program dengan menggunakan media optik.

7.CD

Media penyimpanan yang terbuat dari bahan plastik, proses pembacaan data program melalui media optik.

8.Floppy Disk
Merupakan alat tambahan untuk menyimpan data atau menuliskan ke dalam disket,ukuran umum yang digunakan adalah disket berukuran 3,5 inchi.


9.Hardisk
Hard ddisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data d
isimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track. Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan, hard disk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada disetiap piringan. Head inilah yang selanjut bergerak mencari sector-sector tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya. Waktu yang diperlukan untuk mencari sector disebut seek time. Setelah menemukan sector yang diinginkan, maka head akan berputar untuk mencari track. Waktu yang diperlukan untuk mencari track ini dinamakan latency.

10.Scanner
Merupakan alat bantu untuk memasukkan tulisan atau gambar ke dalam bentuk digital yang akan ditampilkan dalam layar monitor.


11.Web-Cam
Adalah alat bantu untuk berkomunikasi dengan menggunakan ka
mera video untuk menampilkan wujud lawan bicara dan sebaliknya atau juga bisa untuk merekam video.

12.Processor Chip
Adalah pusat otak yang befungsi untuk melakukan perhitungan dan men
jalankan perintah. Oleh karena itu,processor chip menjadi tolok ukur setiap komputer. Beberapa produk terkemuka adalah produk-produk dari Intel dan AMD, yakni Pentium dan K-6.

13,Microphone
Disingkat dengan Mic. Microphone adalah alat untuk mengubah suara menjadi sinyal listrik. Microphone banyak digunakan pada alat-alat komunikasi,seperti telepon, media TV dan Radio. Penggunaan microphone pada komputer tentu membutuhkan alat tambahan (periferal) berupa Sound Card, dan Speaker untuk mendengarkan suara.

14.Joy Stick

Piranti masukan berupa tongkat, yang menangkap gerakan-gerakan dinamis, dan mengubah gerakan tersebut menjadi data untuk diolah oleh komputer. Seperti bermain game di PS atau X-box dengan menggunakan komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar